Tips Bagaimana Bernegosiasi Dengan Bank

Belajar dari pengalaman kita membeli rumah second lewat kredit perumahan, kita menyadari betul bahwa bank gotong royong mempunyai kesamaan dengan tukang sayur di pasar. Bank manapun niscaya menyadari betul faktor negoisasi dalam setiap proses analisa kreditnya.

Ambil pola dikala kita apply KPR, aneka macam persyaratan bank yang tidak bisa kita penuhi. Mulai status kerja, usang kerja, besaran cicilan, hingga appraisal rumah.


Berikut tips / panduan bernegoisasi dengan Bank


- Jangan terlalu polos

Aturan pertama dalam negoisasi ialah jangan membuka diri anda terlalu banyak. Pertama kali kita mengajukan KPR kita membuka diri dengan menyebutkan secara detail fluktuasi honor kita -auditor mengenal busy dan low season hingga honor pun berfluktuasi- kita pun menjelaskan status kita yang masih kontrak, yang belum genap 2 tahun dan segala klarifikasi pesimis lainnya. Akibatnya sang CS pun menyerupai enggan menanggapi kita.Belajar dari itu, kita pun mengubah gaya negoisasi kita. Berhenti polos, dan mulai berhati-hati dengan siapa yang kita hadapi. Walhasil, selang 1 bulan-an. CS disebuah bank itu sudah lupa ihwal kita dan akibatnya aplikasi bisa dimasukkan dengan data yang baru.

- Kita intinya ialah pembeli

Posisi kita gotong royong yang tokoh kunci. Alternatif KPR tidak hanya di satu bank, tapi ada banyak bank lain yang siap membantu anda. Contoh ihwal cicilan. Teorinya cicilan KPR ialah 1/3 gaji. Tapi coba bayangkan jika total income kita dengan istri 10 juta rupiah, namun living cost kita berdua hanya 2 juta rupiah (asumsi tinggal dirumah orang tua, sudah punya kendaraan, tidak ada kredit card dan cicilan lain). Tentunya pihak bank bisa memberi limit cicilan sebesar 50% dari penghasilan. Ini ialah sedikit teori negoisasi dengan pihak bank.

- Kalau anda sendiri tidak yakin bagaimana dengan pihak Bank

Seharusnya calon nasabah sangat yakin bahwa ia bisa mencicil, dengan begitu bank bisa melihat keseriusan kita. Jangan pikirkan lain-lain dulu. Jika kita melihat sebuah rumah, taruhlah harga 200 juta, kemudian sehabis kita bandingkan sana-sini kita merasa bisa membeli rumah tersebut. Jangan hingga problem KPR yang sepele menjadi kendala besar buat anda.
Tips Bagaimana Bernegosiasi Dengan Bank Tips Bagaimana Bernegosiasi Dengan Bank Reviewed by shakaela on Senin, Agustus 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.