4 Desainer Indonesia Membuat Kain Tradisional Tampak Modern



Indonesia memiliki tidak sedikit pulau yang menghasilkan sekian banyak  keindahan alam serta budaya, tergolong wastra atau yang anda kenal sebagai kain tradisional. Kain-kain laksana batik, tenun, songket pundiolah oleh semua desainer menjadi produk fashion yang indah sampai tersohor di mancanegara.

Keindahan wastra tersebut menciptakan fX Sudirman, pusat perbelanjaan kaum urban, bareng Synthesis Development sebagai developer properti,mengadakan "Persona Balutan Wastra Kriya Nagri" sebagai di antara bagian dari kampanye bertema "Indonesia Is Me".

"Kampanye ini menyuruh masyarakat menjadi bengong dengan aneka balutan warisan kebiasaan Indonesia dalam nuansa kekinian," ujar Imron Rosyadi, Property Investment Advisor Synthesis Development, ketika temu media, di fX Sudirman, Jakarta, sejumlah waktu lalu.

Dalam kampanye ini, empat desainer kebanggan Indonesia pun berpeluang menampilkan karya-karya terbaik mereka yang dilatari belakangi olehkerinduan terhadap wastra Indonesia. Synthesis Development mengimplementasikannya dalam arsitektural properti, dan empat desainer mengimplementasikan dalam wujud fesyen.

Para desainer itu diantaranya Merry Magdalena dari Amanda Tania Butik yang membawakan tenun dan batik dari Tanah Batak, Murywati Darmokusumo dengan Sekar Kedaton yang menghadirkan rancangan kebaya kutubaru yang dipadukan kain tradisional penuh filosofi tradisi Jawa, Dedi Hari dan karyanya yang klasik anggun dari Tenun Baduy yang bermotif geometris, serta Ngesti Wijayanti dengan Lucida.Id yang memadukan lurik dan tenun dalam busana keseharian.

"Saya menghadirkan kain dari Yogyakarta yang khas dalam peluang kali ini,sebab saya bercita-cita dengan memadukan fesyen batik dan modern, arti akan warisan memiliki makna lebih tinggi lagi," ujar Murywati.

Sementara Merry yang menghadirkan batik corak batak dengan desain abstrak, bercita-cita menciptakan corak batak yang seringkali dikenal kaku dan keras menjadi lebih nyaman dikenakan dengan membuatnya dari bahan-bahan lembut laksana sutera dan satin.

Merry pun menghadirkan desain asimetris yang kekinian untuk unik lebih tidak sedikit generasi muda memakai kain tradisional Indonesia, yang coraknya dipungut dari sekian banyak  daerah di Batak, laksana Toba dan Simalungun.

4 Desainer Indonesia Membuat Kain Tradisional Tampak Modern 4 Desainer Indonesia Membuat Kain Tradisional Tampak Modern Reviewed by shakaela on Rabu, Juli 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.